Berifikir, Menginspirasi dan Menggerakkan
Untuk Pembangunan Kesehatan Nasional Yang Berkeadilan

Penanaman Modal Asing pada Rumah Sakit Swasta ?

Penanaman Modal Asing pada Rumah Sakit Swasta ?
Penanaman Modal Asing pada Rumah Sakit Swasta ?

Penanaman Modal Asing pada Rumah Sakit Swasta ?

 

Tidak dapat dinafikkan lagi bahwa kebutuhan akan Pelayanan Kesehatan yang baik sangat penting. Untuk itu diperlukan ketersediaan pelayanan dalam hal ini jumlah rumah sakit yang terus bertambah seiring dengan peningkatan jumlah populasi manusia. perkembangan pendirian rumah sakit dari tahun ke tahun semakin meningkat. Hal demikian tentu saja dapat menjadi pemacu antar Rumah Sakit untuk dapat terus meningkatkan Pelayanannya. Berdasarkan data Departemen Kesehatan Republik Indonesia pada Tahun 2014 jumlah Rumah Sakit Umum berjumlah 1.634 dan Rumah Sakit Khusus berjumlah 401 dengan rincian kepemilikan Rumah Sakit Publik atau Milik Pemerintah berjumlah 890 Rumah Sakit sedangkan Rumah Sakit Privat berjumlah 1145 Rumah Sakit. Namun berdasarkan press realase tersebut diketahui bahwa sebanyak 2.261 Rumah Sakit belum melakukan update pendataan.

Dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan tentu saja diperlukan dukungan fasilitas yang memadai bagi Rumah Sakit, dukungan fasilitas tersebut dapat diperoleh dengan memanfaatkan modal baik dalam negeri maupun modal luar negeri. Hal demikian berlaku bagi Rumah Sakit yang didirikan oleh Swasta dan berbadan hukum Perseroan Terbatas (lihat pasal 5 ayat 1 Peraturan Menteri Kesehatan No 56 tahun 2014 Tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit). Pada artikel ini akan dijelaskan secara ringkas perihal dasar Hukum Penanaman Modal Asing pada Rumah Sakit.

Sebelum lebih jauh membahas perizinan dan pendirian rumah sakit serta prosedurnya terlebih dahulu perlu untuk ditelusuri apakah Penanaman Modal Asing (PMA) atau Foreign Direct Invesment (FDI) pada bidang perumahsakitan bukan merukan bidang yang tertutup untuk penanaman modal asing. Merujuk pada Lampiran II Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2014 tentang Daftar Bidang Usaha yang Tertutup dan Bidang Usaha Yang Terbuka dengan Persyaratan di Bidang Penanaman Modal, bidang Perumahsakitan bukan merupakan bidang yang tertutup untuk penanaman modal asing, dengan persyaratan bahwa modal asing maksimal 67% dapat dilakukan di seluruh Indonesia dan maksimal 70% dapat dilakukan diseluruh ibukota Provinsi Indonesia Timur kecuali Makassar dan Manado.

Adapun berdasarkan Klasifikasi Baku Lapangan Indonesia (KBLI) sehubungan dengan Aktivitas Rumah Sakit Swasta dengan kode Q.86103 memiliki kegiatan yang meliputi kegiatan perawatan kesehatan dan pengobatan fisik, baik untuk perawatan jalan maupun rawat inap (opname), yang dilakukan rumah sakit umum swasta, rumah bersalin swasta, rumah sakit khusus swasta.

          Untuk pendirian Perusahaan Penanaman Modal Asing bagi Rumah Sakit akan dibahas tersendiri, perlu diinformasikan pula sehubungan dengan Rumah Sakit Penanaman Modal Asing, terkait dengan Izin Mendirikan dan Izin Operasional Rumah Sakit kelas A Rumah Sakit Penanaman Modal Asing, kedua izin tersebut diberikan oleh Menteri melalui pendelegasian kepada Direktur Jenderal di Lingkungan Kementerian Kesehatan yang tugas dan tanggungjawabnya di bidang pembinaan perumahsakitan setelah mendapatkan rekomendasi dari pejabat yang berwenang di bidang kesehatan pada Pemerintah Daerah Provinsi.

Kesimpulan:

Dengan demikian maka Pendirian Rumah Sakit dengan Penanaman Modal Asing dapat dilakukan, dan tidak termasuk dalam bidang usaha yang tertutup untuk penanaman modal. Namun tentu saja Pendirian Rumah Sakit dengan Penanaman Modal Asing perlu untuk juga memperhatikan regulasi pada bidang Penanaman Modal dan Perizinan dan Klasifikasi Rumah Sakit, yang akan dapat kami sampaikan kemudian.

Semoga bermanfaat

 

Sumber:

Dasar Hukum:

Undang-undang Nomor  44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit

Undang-undang Nomor 25 tahun 2007 tentang Penanaman Modal

Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2014 tentang Daftar Bidang Usaha yang Tertutup dan Bidang Usaha Yang Terbuka dengan Persyaratan di Bidang Penanaman Modal

Peraturan Menteri Kesehatan No 56 tahun 2014 Tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit

Website:

http://spkonline.bps.go.id/spkonline/fastsearch.do

http://sirs.buk.depkes.go.id

 

 

Document(s):
Penanaman Modal Asing pada Rumah Sakit Swasta.pdf
Email :
Nama :
Comment :