Berifikir, Menginspirasi dan Menggerakkan
Untuk Pembangunan Kesehatan Nasional Yang Berkeadilan

PROGRAM ADVOKASI LSHK

PROGRAM ADVOKASI LSHK
PROGRAM ADVOKASI LSHK

Di dalam dunia kesehatan saat ini kita ketahui banyak sekali isu-isu yang timbul khususnya dibidang kesehatan ini dikarenakan kurang berhasil atau kegagalan suatu program kesehatan, sering di sebabkan oleh karena kurang atau tidak adanya dukungan dari para pembuat keputusan, baik di tingktak nasional maupun lokal (provinsi, kabupaten, atau kecamatan). Akibat kurangnya dukungan itu, antara lain rendahnya alokasi anggaran untuk program kesehatan, kurangnya sarana dan prasarana, tidak adanya kebijakan yang menguntungkan bagi kesehatan dan sebagainya. Untuk memperoleh atau meningkatkan dukungan atau komitmen dari para pembuat kebijakan, termasuk para pejabat lintas sektoral diperlukan upaya disebut advokasi.

Istilah advokasi itu sendiri secara harfiah berarti pembelaan, sokongan atau bantuan terhadap seseorang yang mempunyai permasalahan. Istilah advokasi mula-mula digunakan dibidang hukum atau pengadilan. Sesorang yang sedang tersangkut perkara atau pelanggaran hukum, agar memperoleh keadilan yang sesungguh-sungguhnya. Mengacu kepada istilah advokasi dibidang hukum tersebut, maka advokasi dalam kesehatan diartikan upaya untuk memperoleh pembelaan, bantuan, atau dukungan terhadap program kesehatan.

Oleh karena itu LSHK tergerak untuk mendorong pembangunan kesehatan nasional terpenuhinya jaminan hak atas kesehatan yang berkeadilan khususnya di Indonesia sesuai dengan visi dan misi LSHK itu sendiri.

Document(s):
Email :
Nama :
Comment :